Rabu, 28 April 2010

KFK : kabel, tali, panjang

iPodku malang
iPodku malang
model
: argie / lokasi : garasi / alat : d80, 70-300, yn460ii / teknis : iso1250, 1/600, f/8.0, flash manual mode / edit : color enhancement di sotosop

Udah pada tau KFK? Itu lo, Klinik Fotografi Kompas, masih ngga tau juga? Gpp, saya taunya juga belum lama kok. Kalau tertarik silakan liat koran Kompas tiap hari Selasa atau bisa juga cek di : http://kfk.kompas.com/sfkhome

Nah di KFK ini tiap minggunya ada penugasan yang kali ini topiknya adalah kabel, tali, panjang. Beberapa ide langsung terlontar, tapi berhubung alat, waktu dan tenaga pas-pasaan, satu-persatu ide yang ada mulai berguguran. Setelah mengamati, memeriksa ulang dan menimbang akhirnya keluarlah keputusan untuk mengeksekusi ide ini: nelen iPod.

Lho kok?

Sebentar dulu, begini pembenarannya walaupun agak maksa... iPod kan ada kabelnya juga! Walaupun pasti susah eksekusinya buat nunjukin panjang kabel, sekaligus mikirin gimana jadiin foto ini menarik. Untuk itu, dipakailah pendekatan portrait dengan harapan bisa menghasilkan ekspresi yang lucu. hihihi.

Okelah kalo begitooh. Mulailah mendata butuh apa aja. Pertama butuh model yang meyakinkan, ini gampang saja, begitu mikir makan dan iPod langsung kebayang mukanya. wehehe. Kebetulan temen yang satu ini punya waktu hari Minggu sore dan bersedia dengan rela untuk dijadikan bahan eksperimen selama 2 jam. Ok, yang kedua adalah setting. Mungkin kalau di warung mie beneran, dengan uap yang ngebul sebagai latar belakang, trus aksesori di meja saperti mangkok, rak sendok garpu sumpit, sambel kecap, gelas minuman dsb. dsb bakal buanyak buanget yang bisa di eksplor. 2 jam cukup? engga. Makanya settingnya di garasi ajah, set meja kecil, mangkok, sumpit sama gelas, pencahayaan ngandelin pencahayaan alami yang bisa diatur dari tinggi rendahnya rolling door, tambahin satu flash buat fill-in, background pakai dinding yang ada ajah. Selesai.

Jreng-jreng. Hari H. Dibantu satu temen lagi yang juga demen mainan kamera, siap-siap di set jam 3, sambil diskusi gimana cara paling baik untuk eksekusi ide ini, akhirnya modelnya dateng juga walaupun telat 15 menit. (biasa, model...) Setelah nyobain beberapa wardobe n test lighting, dimulailah sesi pertama untuk pemanasan. Sempet terbersit rasa kasian ngeliat model yang beneran nelen kabel iPod (kabelnya doang lo... lagian dah dibungkus plastik rapat-rapat untuk alasan higenis). Tapi waktu ngeliat ekspresinya dimana mulutnya bener-bener penuh gak dibuat-buat, akhirnya diputuskan untuk menepiskan rasa kasihan yang ada. Sesi kedua dimulai jam 4, setelah mengevaluasi hasil sesi pertama tentunya. Berhubung bayangan yang ada dirasa terlalu hard, flash terpaksa di modif dengan ditambahkan plastik putih dengan maksud memperbesar bidang cahaya. Rasanya sih cukup puas dengan hasilnya, waktu wrap up menunjukkan pukul 4.30.

Setelah sedikit-sedikit di edit manjadi bukit di sotosop, akhirnya siap di upload ke site KFK. Eh ternyata harus register dulu, ya sud, langsung isi data... eh baru ketauan, ternyata deadlinenya hari minggu jam 22.00, padahal jam weker dah nunjukin jam 2.00 pagi. So, at the end, moral of this story is.... ngga ada salahnya mencoba. pis.

jeffman


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar